RENCANA INDUK PENELITIAN PRODI D III KEBIDANANSEKOLAHTINGGIILMUKESEHATAN SEHATMEDAN
|
|
|
|
RENCANA INDUK PENELITIAN
PRODI D III KEBIDANANSEKOLAHTINGGIILMUKESEHATAN
SEHATMEDAN
Alamat : Kampus I ( Jl. Gaperta Ujung, Kel. Tanjung Gusta, Kec. Medan Helvetia)
Kampus II ( Jl. Letda Sujono No 241F, Kel. Bandar Selamat, Medan Sunggal
E-mail : [email protected] Website : https://stikessehatmedan.ac.id
SURAT KEPUTUSAN
KETUA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SEHAT MEDAN
Nomor: 021/STIKes/S/X/2022
Tentang
RENCANA INDUK PENELITIAN PRODI D III KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SEHAT MEDAN
KETUA Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
Menimbang |
: |
a. Bahwa dalam rangka menegakkan Tri darma Perguruan Tinggi dan meningkatkan mutu, produktivitasa dan menjamin kesinambungan fokus dan topik penelitian setiap tahunnya di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan maka perlu untuk menyusun Rencana Induk Penelitian b. Bahwa agar pelaksanaan penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan arah dan fokus penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, diperlukan suatu rencana induk penelitian yang menjadi pedoman dalam penyusunan penelitian c. Bahwa Berdasarkan pertimbangan dimaksud pada huruf a dan b, perlu ditetapkan keputusan ketua stikes tentang RIP Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. |
|
|
|
|
|
|
Mengingat |
: |
1. Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional 2.Undang-Undang RI tentang rencana pembangunan jangka Panjang nasional 3.Undang-undang RI nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi 4.Undang-undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan 5.Peraturan pemerintah RI no 19 Tahun 2005 Tentang Standar nasional Pendidikan 6. Peraturan mentri Ristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang standar nasional Pendidikan tinggi 7. Peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 37 tahun 2009 tentang dosen 8. Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor:HK.00.06.2.4.3199 tentang petunjuk teknis penyelenggaraan Pendidikan jenjang Pendidikan tinggi Pendidikan tenaga Kesehatan 9.STATUTA Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
|
|
|
MEMUTUSKAN
|
Menetapkan |
: |
|
Pertama |
: |
Keputusan ketua Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan tentang Rencana Induk penelitian |
Kedua |
: |
Rencana Induk Penelitian sebagaimana dimaksud berlaku bagi seluruh dosen di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan |
Ketiga |
: |
Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan |
Keempat |
: |
Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan keputusan ini , maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya |
Ditetapkan Di Medan
Pada tanggal 11 Oktober 2022
Ketua STIKes Sehat Medan
Elvi Sepriani,. SST,.M.Kes.
VISI
MENJADI INSTITUSI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YANG UNGGUL DAN BERKUALITAS SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2045.
MISI
- Menyelenggarakan kegiatanpendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang kesehatan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan dan Mengembangkan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan sesuai dengan ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ).
- Meningkatkan prasarana dan sarana secara berkelanjutan.
- Menciptakan suasana akademik yang kondusif dilingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat Medan.
- Meningkatkan kerja sama dengan instansi pemerintahan dan swasta di tingkat nasional mau pun internasional.
KATA PENGANTAR
Salah satu landasan penting di dalam menentukan arah dan kebijakan program penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan adalah Rencana Induk Penelitian (RIP) Dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat. Hal demikian didasarkan pada pertimbangan bahwa di dalam suatu RIP sudah barang tentu disusun dan dirumuskan dengan mengacu kepada keputusan Senat Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, Rencana Induk Pengembangan Institusi Pendidikan Sehat Medan dan Rencana Operasional Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan.
Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan ini disusun sebagai pedoman di dalam menentukan arah dan pengembangan program penelitian unggulan dan pengabdian unggulan di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Dokumen RIP Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan meliputi arah dan pengembangan program dan tema penelitian jangka panjang yang diturunkan ke dalam tahapan tiap tahun.
Secara garis besar dokumen Rencana Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan tersebut dijabarkan ke dalam program penelitian: (1) Riset Reguler Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, (2) Riset Kompetitif Strategis Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Program Pengabdian Kepada masyarakat yaitu : (1) Pengabdian Regurel untuk Pendampingan dan (2) Pengabdian Kompetitif untuk Pendampingan.
Semoga Rencana Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Masyarakat Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya serta pengembangan penelitian di Strada Khususnya.
Ketua LPPM
Daftar Isi
- Pengertian Dan Tujuan Rencana Induk Pengembangan (Rip) Penelitian............. 1
- Garis Besar Rencana Penelitian Unggulan.......................................................... 5
- Arah Dan Fokus Agenda Penelitian.................................................................... 5
- Dasar/ Dokumen Penyusunan Rencana Induk Pengembangan (Rip) Penelitian.. 6
- Visi Lppm Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan..................................... 7
- Misi Lppm Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan..................................... 7
- Tujuan................................................................................................................ 7
- Analisa Kondisi Saat Ini..................................................................................... 8
- Tujuan Pelaksanaan.......................................................................................... 12
- Sasaran Pelaksanaan......................................................................................... 12
- Strategi Dan Kebijakan..................................................................................... 13
- Outcome........................................................................................................... 14
- Isu Strategis...................................................................................................... 15
- Isu Strategis Penelitian...................................................................................... 16
- Tujuan.............................................................................................................. 26
- Luaran Penelitian.............................................................................................. 26
- Kriteria Dan Pengusulan................................................................................... 26
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Dan Tujuan Rencana Induk Pengembangan (Rip) Penelitian.
- Pengertian Rencana Induk Pengembangan (RIP)
Penelitian Rencana Induk Penelitian (RIP) adalah merupakan arahan kebijakan dalam pengelolaan penelitian dalam jangka waktu tertentu. Rencana Induk Penelitian Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dibuat untuk dapat memberikan arah dan fokus penelitian, baik penelitian – penelitian individual/mandiri/kolaborasi antar prodi yang dilakukan secara melembaga atau kolaborasi dengan institusi lain seperti Badan Litbangkes RI, Universitas Swasta dan Lembaga pemerintah/ swasta lainnya. RIP ini diharapkan mampu mensinergiskan penelitian – penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan agar terjadi kesinambungan, keterkaitan, dan relevansi dalam dimensi waktu lima tahun ke depan (2022- 2027). Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dipersiapkan pula guna percepatan arah pengembangan dan pembangunan sumberdaya yang mendukung penelitian dan inovasi Ipteks dalam rangka menuju penelitian yang berkelanjutan. RIP ini dapat menciptakan suasana kondusif bagi pertumbuhan inovasi baru sehingga para peneliti (dosen) di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan peka terhadap isu – isu dan permasalahan yang berkembang terutama dibidang kesehatan, sehingga mampu menumbuhkan budaya penelitian yang terorganisasi dengan baik dan terpadu sehingga diharapkan hasil penelitian memiliki aspek teknologi yang berdaya saing tinggi.
Rencana Induk Penelitian 2022-2027merupakan arahan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan dan pengembangan penelitian penngabdian masyarakat serta inovasi dalam jangka waktu lima tahun mendatang dengan memperhatikan perkembangan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dan lingkungannya.
Penyusunan Rencana Induk Penelitian merupakan alat atau instrument institusi untuk mencapai Visi dan Misi Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Dan dilandaskan pada sejumlah kebijakan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, keputusan- keputusan senat akademik, rencana induk pengembangan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, rencana strategis Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, kebijakan- kebijakan nasional serta keputusan Ketua Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Rencana Induk penelitian Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan ini disusun dengan melalui tahapan- tahapan dengan menetapkan identitas, mengembangkan rencana aksi dalam mencapai program strategis, serta implementasi dan monitoring evaluasi. Rencana aksi dalam mencapai prioritas secara rinci ditetapkan pada rencana strategis Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan.
Untuk mencapai Visi Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan tersebut, LPPM sebagai unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan di bidang penelitian menyusun RIP dan Roadmap penelitian yang menjadi acuan fokus dan topik penelitian di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Tujuan dari pembuatan RIP ini harus dapat menjawab permasalahan pengelolaan dan pengembangan penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, yang memberikan arah kebijakan pengembangan penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan kedepan, kajian dan topik penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan yang akan dikembangkan, serta target dan sasaran kegiatan penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Roadmap penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan dalam RIP ini disusun berdasarkan pemetaan Roadmap penelitian masing – masing program studi berdasarkan kompetensi dan unggulan di masing – masing program studi.
Topik penelitian yang ada di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dalam lima tahun pertama (tahun 2022 sampai dengan tahun 2027). Pemetaan yang dilakukan berbasis pada payung penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan di masing-masing Program Studi dengan mempertimbangkan : topik dan judul penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan yang di danai dari internal; kualifikasi akademik sumber daya manusia yang banyak mendukung; bidang penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan yang diusulkan; bidang keilmuan dalam program studi yang mendukung; sarana pendukung penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa (lahan praktek dan daerah binaan); jumlah output dan outcomes penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan, antara lain publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal nasional/ internasional dan HAKI. Roadmap penelitian yang disusun dalam jangka waktu pendek (lima tahun pertama), jangka waktu menengah (lima tahun kedua) dan jangka waktu panjang (lima tahun ketiga) diharapkan memberi arah terhadap Penelitian baik individual maupun institusi yang melibatkan antar disiplin ilmu serta mensinergikan semua kegiatan Penelitian di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan agar terjadi relevansi dan berkesinambungan dari waktu ke waktu. Roadmap penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan juga dikembangkan sebagai panduan kegiatan Penelitian yang memiliki nilai keunggulan menurut bidang ilmu dan program studi dalam mengembangkan serta mengantisipasi kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders) dan memecahkan masalah di masyarakat Sumatera Utara dengan menggunakan pendekatan budaya lokal.
- Tujuan Penyusunan RIP Penelitian
Secara rinci tujuan penyusunan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Mendukung Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan menjadi penyelenggara terwujudnya tenaga kesehatan yang terampil, mandiri dan unggul dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berkeadilan dalam waktu 5 tahun pada tahun 2025;
- Mendukung misi pertama Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan yakni Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yag terampil, mandiri dan unggul di bidang Kesehatan.
- Mendukung tercapainya Renstra Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan Tahun 2022 – 2027 dengan memberikan arah dan fokus penelitian untuk peningkatan jumlah penelitian dan peningkatan publikasi hasil penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan;
- Mendukung peningkatan jumlah bahan ajar atau modul pelatihan dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan;
- Mengembangkan kegiatan penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan berbasis hasil riset;
- Mengembangkan kegiatan penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan yang melakukan pemberdayaan masyarakat
- Mendorong publikasi penelitian pada jurnal-jurnal nasional dan internsional
- memotivasi dosen agar mendaftar HAKI pada produk atau penemuan-penemuan inovatif.
B. Garis Besar Rencana Penelitian Unggulan
Dalam rangka pencapaian visi dan misi unit penelitian khususnya dan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan pada umumnya, maka diperlukan penetapan penelitian unggulan yang merupakan penelitian payung bagi peneliti (dosen) dilingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan yaitu “Peningkatan Kesehatan Keluarga dan Masyarakat Mandiri “. Penetapan payung penelitian dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) penelitian ini didasarkan pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kesehatan 2022-2027, hasil analisis penelitian – penelitian sebelumnya, dengan mempertimbangkan karakteristik masyarakat, topografi wilayah provinsi Sumatera Utara, Kekayaan budaya dan sosial masyarakat Provinsi Sumatera Utara, Paradigma sehat, dan hasil dari analisis Riset seperti SDT, SDKI, Riskesdas. Implementasi payung pengembangan penelitian di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dijabarkan menjadi 3 (tiga) kelompok / klaster bidang ilmu yaitu : 1). Ilmu Keperawatan. 2). Ilmu Kebidanan. 3). Ilmu farmasi. Ketiga bidang ilmu tersebut selanjutnya di buat ranting dan daun penelitian mencangkup sub bidang – sub bidang kajian utama penelitian yang dapat digunakan sebagai acuan penyusunan proposal penelitian sesuai dengan keahlian dari masing – masing peneliti (dosen) yang tetap berdasarkan payung penelitian yang telah ditetapkan pada RIP Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dan sesuai dengan program unggulan dari masing – masing program studi.
C. Arah dan Fokus Agenda Penelitian
Arah, fokus dan jenis penelitian berdasarkan unggulan dari masing - masing program studi sesuai yang terdapat pada visi masing-masing program studi dan dipadukan dengan RPJMN, SDKI, Paradigma Sehat, dan Riskesdas. Adapun Pohon penelitian yang menunjukkan arah dan fokus penelitian pada masing – masing program studi di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan adalah sebagai berikut :
- Prodi D.III Kebidanan program unggulan di bidang asuhan kebidanan komplementer pada masakehamilan.
D. Dasar/ Dokumen Penyusunan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian.
Penyusunan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian diarahkan untukmendukung tercapainya misi pertama Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan yaitu Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yag teranpil, mandiri dan unggul di bidang Kesehatan. Salah satu tujuan dan sasaran dari misi pertama ini adalah menghasilkan karya ilmiah/penelitian yang kompeten, professional, berdaya guna dan berkeadilan bagi masyarakat dalam bidang kesehatan yang dicapai dengan strategi melaksanakan pengembangan penelitian dosen dengan melakukan usaha untuk meningkatkan secara kuantitas dan kualitas penelitian dosen setiap tahun.
Strategi pencapaian Rencana Induk Pengembangan (RIP) penelitian telah dituangkan juga dalam indikator penelitian dalam Rencana Strategis Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan, yaitu melaksanakan pengembangan penelitian dosen dengan meningkatkan jumlah proposal penelitian setiap tahun, meningkatnya jumlah publikasi karya ilmiah Nasional terakreditasi per tahun, tercapainya publikasi karya ilmiah internasional sampai pada tahun 2027, tercapainya penelitian kolaborasi pada tahun 2027.
Penyusunan RIP Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan juga diarahkan untuk ikut memberikan konstribusi upaya penyelesaian masalah – masalah yang dihadapi bangsa Indonesia dengan bertumpu pada kondisi dan budaya lokal yang dimiliki masyarakat guna meningkat daya saing bangsa. Dokumen penetapan payung penelitian yang tercantum dalam RIP ini didasarkan pada :
- Renstra dan Renop Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
- Rapat koordinasi pembahasanRIP
BAB II
LANDASAN PENGEMBANGAN
A. Visi Lppm Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
Visi LPPM Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan adalah Menjadi Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional dan internasional
B. Misi Lppm Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
Misi LPPM Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan adalah
- Menumbuhkan kembangkan kemampuan penelitian sebagai dasar pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan
- Membangun dan mengembangkan kemampuan dalam mewujudkan penelitian dibidang kesehatan dan pelayanan pengabdian masyarakat
C. Tujuan
Tujuan LPPM Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan terdiri dari:
- Mengkoordinasikan, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menilai serta mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
- Meningkatkan daya saing dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional
- Meningkatkan pemanfaatan dan mengembangkan budaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan proses pembelajaran dan budaya akademik
- Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
D. Analisa Kondisi Saat Ini
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dibentuk pada tahun 2020. Masa awal pendirian merupakan masa perintisan pembentukan Unit dan perintisan untuk dosen dalam melakasanakan penelitian karena terjadinya penggabungan dan perubahan bentuk dari 2 akademi kebidanan dan 1 akademi keperawatan.
Secara garis besar hasil analisis SWOT menggambarkan bahwa terdapat kekuatan (Strenght) yang dimiliki dosen/peneliti di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dapat berkiprah pada penelitian – penelitian unggulan yang strategis dalam rangka percepatan pembangunan daerah maupun nasional di bidang kesehatan, hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian kolaborasi yaitu Ristekdikti, Lembaga swadaya masyarakat. Matriks Analisis SWOT penelitian di STIKes dapat dilihat pada tabel 1. Mengacu pada sumberdaya manusia (dosen/peneliti) yang dimiliki dan penelitian – penelitian yang telah dilakukan.
Tabel 1
Matriks analisis SWOT Penelitian Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
Evaluasi Internal Evaluasi Eksternal |
KEKUATAN ( STRENGTHNESS) |
KELEMAHAN ( WEAKNESS) |
|
1. Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan mempunyai dosen yang kompetensi. 2. Dosen mempunyai kewajiban untuk melakukan Tri dharma PT khususnya Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 3. Adanya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
1. Anggaran dana penelitian masih sangat terbatas 2. Dosen masih terfokus pada dharma pengajaran 3. Lemahnya sistem penngelolaan kelembagaan LPPM |
KESEMPATAN (OPPORTUNITIES) |
STRATEGI ( S-O) |
STRATEGI ( W – O)
|
1. Peluang dana dapat diakses dari dana Hibah Pemerintah. 2. Hasil Penelitian dalam bidang Keperawatan, Kebidanan dan Farmasi sangat aplikatif 3. ketersediaan dana penelitian di lembaga – lembaga nasional pemerintah dan pemerintan daerah |
Memberikan pelatihan kepada dosen dan cara- cara untuk mengakses dana hibah penelitian atau pengabdian masyarakat dari pemerintah |
Kerjasama pengajuan dana hibah DIKTI dari Institusi yang lain |
ANCAMAN ( THREATS) |
STRATEGI ( S- T) |
STRATEGI ( W –T ) |
1. Tingginya tingkat persaingan dalam mendapatkan dana penelitian di tingkat daerah dan nasional 2. Peneliti dari perguruan tinggi lain di luar negeri lebih inovatif dan kreatif 3. kurangnya tingkat kepercayaan stakeholders terhadap hasil penelitian |
1. Optimalisasi hasil penelitian dengan memperhatikan aspek kebijakan hokum pemerintah 2. Fokus penelitian sesuai dengan kebutuhan/ aplikatif bagi pengguna. |
Pembuatan sistem secara internal dan bermitra dengan lembaga/ institusi lain khususnya kesehatan. |
Adapupun strategi pelaksanaan pengembangan penelitian ke depan untuk mencapai strategi dalam pencapaian penelitian unggulan adalah :
- Menciptaan peluang (kesempatan) untuk menulis/ membuat penelitian
- Membangun kompetisi penelitian yang strategis untuk dapat meningkatkan penelitian yang bisa berkompetisi di luar Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
- Peningkatan kualitas dan relevansi penelitian
- Meningkatkan jaring kerjasama penelitian
- Penyebarluasan hasil – hasil penelitian
BAB III
TUJUAN, SASARAN, KEBIJAKAN, PROGRAM KERJA, INDIKATOR KERJA
A. Tujuan Pelaksanaan
Untuk mewujudkan Peningkatan kesehatan keluarga dan masyaraat mandiri, maka tujuan disusunnya Rencana Induk Penelitian ini adalah
- Merumuskan arah kebijakan penelitian unggulan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan berdasarkan evaluasi diri dan visi misi riset
- Mengefektifkan kebijakan penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
- Mendorong penelitian yang berbasis kompetensi
- Menjamin keberlangsungan hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Mengarahkan seluruh kegiatan penelitian di lingkungan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan baik yang dilakukan oleh internal maupun kerjasama dengan stakeholders.
B. Sasaran Pelaksanaan
- Terlaksananya kegiatan penelitian
- Meningkatnya kemampuan dan ketrampilan dosen dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah.
- Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen
- Meningkatnya jumlah penelitian dan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional.
- Meningkatnya jumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks di database bereputasi
- Meningkatnya dana yang diperoleh baik dari internal maupun eksternal
- Meningkatnya perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKi)
- Meningkatnya hasil penelitian yang bisa diterapkan dan dimanfaatkan masyarakat
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas buku ajar berbasis penelitian
C. Strategi Dan Kebijakan
- Strategi
Pengembangan penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan diarahkan kepada peningkatan mutu penelitian yang dilakukan baik oleh dosen/peneliti maupun mahasiswa, serta kerjasama antar peneliti. Oleh karena itu, maka strategi pengembangan yang ditempuh dalam bidang penelitian adalah:
- Menyusun standart Operating Prosedure (SOP) dan sistem penjamin mutu
- Meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia
- Pengelolaan pendanaan penelitian secara efisien dan berusaha mencari jarring kerjasama penelitian dari berbagai sumber dana; Meluaskan networking
- Pembenahan perencanaan dan proses penelitian, serta pemanfaatan hasil – hasil penelitian untuk kepentingan masyarakat
- Kebijakan Bidang Penelitian
Untuk merealisasikan beberapa strategi yang telah ditetapkan dalam rangka penelitian 2022-2027, maka kebijakan bidang penelitian di STIKes Sehat adalah
- Menata dan mewujudkan unit penelitian yang dapat mendukung kegiatan – kegiatan penelitian di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan
- Memfasilitasi sarana, prasarana pelaksanaan penelitian terutama penelitian yang berkelanjutan
- Membina kemampuan sumberdaya manusia dosen/peneliti dan mahasiswa dalam meraktivitas dan mengembangkan IPTEKS secara professional dan berdaya saing tinggi.
D. Outcome
No |
Rumusan |
Capaian |
1 |
Meningkatkan pemberdayaan sumber daya manusia |
Peran serta dosen dalam penelitian 100% |
2 |
Advokasi alokasi anggaran dan meluaskan networking |
Penggalangan dana internal dan eksternal Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan |
3 |
Good Coorporate Government (GCG) |
Transparansi dan akuntabilitas tata kelola |
4 |
Meningkatkan saran dan prasana |
|
BAB IV
ISU STRATEGI
A. Isu Strategis
Memasuki millennium ketiga sekarang ini, penyelenggraan pendidikan tingkat nasional sedang dan akan menghadapi sejumlah permasalahan, yaitu gejala semakin menguatnya arus globalisasi, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan kebijakan pendidikan khususunya pendidikan tinggi.
Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan telah mempersiapkan diri sebagai penyelenggara pendidikan kesehatan yang bermutu dan bersaing di era global, hal ini tentu saja membawa konsekuensi yang besar Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan. Dalam era globalisasi hampir semua faktor produksi seperti uang, jasa teknologi dapat bergerak melintasi tapal batas Negara tanpa kesulitan. Kondisi tersebut mempunyai implikasi langsung terhadap penyelenggaraan pendidikan nasional, khususnya Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan.
Implikasi pertama adalah tenaga kerja terdidik dari luar negeri yang masuk ke Indonesia semakin besar, sehingga persaingan dunia kerja bagi lulusan perguruan tinggi semakin ketat. Kedua, perguruan tinggi luar negeri semakin mudah menyelenggarakan pendidikan di Indonesia, sehingga calon mahasiswa lebih memilih perguruan tinggi yang berkualitas. Dalam hal ini, tidak hanya persaingan perguruan tinggi saja namun juga mengenai biaya penyelenggaraan dan kinerja perguruan tinggi yang meliputi sumber daya manusia, saran dan prasarana dan sistem manajemen.
Dalam rangka meningkatkan daya saing perguruan tinggi dalam memasuki era globalisasi, maka perlu segera adanya penguatan basic keilmuan dan otonomi perguruan tinggi dalam hal ini adalah implementasi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
B. Isu Strategis Penelitian
- Dasar Pemikiran
Salah satu indikator keunggulan perguruan tinggi adalah produk ilmiah dosen atau hasil penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Salah satu bentuk otoritas ilmiah tersebut adalah apabila produk ilmiah tersebut menjadi rujukan oleh kalangan akademis di tingkat nasional maupun internasional.
- Tujuan
Meningkatkan penelitian aplikatif di bidang farmasi, kebidanan dan keperawatan (sesuai dengan kompetensi) yang mendukung proses pendidikan pengajaran.
- Sasaran
- Meningkatkan jumlah penelitian di bidang farmasi, kebidanan dan keperawatan yang dilakukan oleh dosen.
- Meningkatkan publikasi hasil penelitian dalam jurnal akreditasi nasional dan internasioanl
- Strategi
- Peningkatan kinerja dosen dalam melakukan penelitian
- Peningkatan kinerja dosen dalam mempublikasikan hasil penelitian
- Prioritas program dan indikator kerja
- Prioritas program penelitian
Terselenggaranya penelitian terapan yang dilakukan oleh dosen meliputi:
- Pelatihan metodologi dan penyusunan proposal penelitian
- Melakukan kajian etik untuk penelitian yang akan dilaksanakan
- Pembinaan terhadap dosen yang belum melakukan penelitian
- Melakukan penelitian
Indikator kinerja terselenggaranya penelitian terapan yang dilakukan dosen
- Tersusunnya tema sentral penelitian
- Tidak adanya pelanggaran dalam proses penyusunan sampai pelaksanaan penelitian
- Terinventarisasi dan terpetakan kompetensi dosen sesuai dengan kelompok bidang keahlian masing- masing untuk melakukan penelitian
- Meningkatkannya jumlah penelitian sesuai dengan anggaran yang diberikan oleh penyandang dana.
- Prioritas program ketersediaan artikel publikasi hasil penelitian
- Pelatihan penyususunan artikel publikasi hasil penelitian
- Pengiriman artikel ke jurnal akreditasi nasional dan internasional
Indikator kinerja ketersediaan artikel publikasi hasil penelitian terapan:
- Pengiriman dosen untuk pelatihan penyususnan artikel publikasi hasil penelitian.
- Peningkatan pengiriman artikel ke jurnal terakreditasi nasional dan internasional
BAB V
ROADMAP PENELITIAN
A. Roadmap Penelitian Kebidanan
No |
Keterangan |
Penjelasan |
1 |
Ruang Lingkup pengembangan |
|
|
Penelitian |
Pengembangan praktik kebidanan professional yang dikonsentrasikan ke Sembilan kompetensi komplementer. Adapun Sembilan kompetensi meliputi : a. Asuhan kebidanan pada ibu hamil b. Asuhan kebidanan pada ibu bersalin c. Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir d. Asuhan kebidanan pada ibu nifas & menyusui e. Asuhan kebidanan pada neonatus f. Asuhan kebidanan pada anak sehat g. Asuhan kebidanan pada anak sakit h. Asuhan kebidanan pada gangguan reproduksi i. Asuhan kebidanan pada KB |
3 |
Tujuan |
a. Terwujudnya hasil- hasil penelitian pengembangan praktik kebidanan professional yang terintegrasi dan berkesinambungan serta teraplikasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat b. Membantu masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan sesuai dengan Sembilan kompetensi kebidanan. c. Membantu Pemerintah Daerah untuk mencari solusi dalam permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di bidang kebidanan d. Terwujudnya hasil- hasil penelitian yang bernilai dan berpotensi memperoleh hak paten inisiasi kerjasama guna mendukung kelanjutan program studi keperawatan. |
4 |
Sumber Daya |
|
|
a. SDM |
Seluruh dosen tetap Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan perseptor, dan stake holder di bidang kebidanan. |
|
b. Lokasi Penelitian |
Rumah sakit yang bekerjasama dengan program studi kebidanan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan |
|
c. Sumber Dana |
Hibah, Pemerintah, Swasta dan Yayasan maupun biaya sendiri |
|
d. Sarana dan fasilitas |
Didukung oleh labolatorium dan perpustakaan Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan |
5 |
Market Trend |
Kasus yang berorientasi kebidanan di kota medan dan sekitarnya |
6 |
Desain Sistem |
Dapat diterapkan penelitian survey sampai dengan penelitian eksperimen |
7 |
Strategi pencapaian |
· Masing- masing dosen disusun mapping peminatan sesuai dengan latar belakang keahliannya · Diterapkannya penelitian sesuai mapping · Diterapkannya kebijakan tugas akhir yang berorinetasi pada Sembilan kompetensi kebidanan dengan keunggulan Senam Hamil · Monitoring dan evaluasi penelitian oleh ketua program studi dan LPPM secara periodic |
8 |
Lembaga Mitra |
· Kementrian Riset perguruan Tinggi · IBI · Pemerintah daerah ( dinas kesehatan dan dinas terkait) · Masyarakat · LSM · Pihak sponsor |
9 |
Target |
· Setiap dosen meneliti setahun 2 ( dua) kali minimal seklai dalam setahun · Hasil penelitian dipublikasikan dalam jurnal ilmiah · Hasil penelitian didaftarkan untuk mendapatkan Hak Atas kekayaan Intelektual ( HaKI) |
ROADMAP PENELITIAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SEHAT MEDAN
TAHUN |
2020-2021 |
2022-2023 |
2024-2025
|
2025-2030 |
TOPIK |
RISET DASAR - STUDI DASAR ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER ( SENAM HAMIL ) PADA KEHAMILAN - EDUKASI /KAJIAN |
RISET TERAPAN - ANALISIS EVALUASI ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER PADA KEHAMILAN - ACTION RESEARCH
|
PENGUATAN RISET TERAPAN
- PENYELESAIAN MASALAH PRAKTIS - PEMECAHAN MASALAH - QUASI EKSPERIMEN -
|
PENGEMBANGAN PENELITIAN PRODUK - INOVASI - MATCHING FUND
|
MK UNGGULAN DOSEN |
- ANC - KONSEP KEBIDANAN - FARMAKOLOGI - ANC TERPADU - KOMUNIKASI DLM PRAKTEK KEBIDANAN - KONSEP KEBIDANAN |
- ANC TERPADU - ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER PADA MASA KEHAMILAN - |
- ANC TERPADU - ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER PADA MASA KEHAMILAN - TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
|
- ANC TERPADU - ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER PADA MASA KEHAMILAN - TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
LUARAN |
JURNAL /OJS |
-JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI - MODUL - HAKI
|
- JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI -JURNAL INTERNATIONAL -HAKI -BUKU AJAR
|
- JURNAL INTERNATIONAL - HAKI - PATEN - BUKU AJAR - PRODUK - FILM
|
BAB V
PELAKSANAAN RENCANA INDUK PENGEMBANGAN (RIP) PENELITIAN
A. Tujuan
Tujuan dari penelitian dosen adalah:
- Untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dosen;dan
- Menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional
B. Luaran Penelitian
Luaran wajib dari Penelitian Dosen adalah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional, HKi
C. Kriteria dan Pengusulan
Kriteria dan persyaratan umum pengusulan Penelitian Dosen Pemula dijabarkan sebagai berikut:
- pengusul adalah dosen tetap di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan;
- pengusul adalah dosen tetap di Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan;
- Tim Peneliti berjumlah 2-3orang,
- Dalam tahun yang sama, tim peneliti hanya diperbolehkan mengusulkan satu proposal
penelitian baik sebagai ketua maupun sebagai anggotapeneliti;
- Ketua Peneliti tidak sedang menjadi ketua peneliti pada penelitian lain yang dibiayai oleh Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan;
- usulan penelitian harus relevan dengan bidang ilmu yang ditekuni
- Jangka waktu penelitian adalah satu tahun dengan biaya penelitian Rp5.000.000, – Rp10.000.000,-/judul/tahun;
- Dikirimkan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) sesuai waktu yang ditentukan
BAB VI
PENUTUP
Rencana Induk Pengembangan (RIP) Penelitian dan Roadmap Penelitian Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan dibuat untuk dapat memberikan arah terhadap penelitian, baik penelitian individual/mandiri, kelompok (group), sehingga nantinya dalam jangka Panjang yaitu tahun 2022-2027 sudah tercapai penelitian berkelanjutan yang aplikatif dan berpotensi untuk diusulkan HAKI.
Sehubungan dengan itu, maka sasaran pelaksanaan RIP Prodi D III Kebidanan STIKes Sehat Medan yang telah ditetapkan adalah tercermin dalam topik payung penelitian unggulan yaitu “ Asuhan kebidanan komplementer pada masa kehamilan. Roadmap riset merupakan suatu instrument yang akan digunakan dalam perencanaan, koordinasi, supervisi dan evaluasi bagi pelaksanaan RIP selama periode 2022-2027. Dana yang dapat dipersiapkan berasal dari dana yayasan dan dana – dana yang bersifat kompetitif dari lembaga – lembaga Nasional pemerintah, swasta.